Kuota Belajar Kemendikbud untuk Apa Saja?

Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui, kuota belajar kemendikbud untuk apa saja. Sebenarnya kuota internet tersebut memiliki banyak manfaat, yang memang hanya bisa digunakan pada aplikasi atau website yang berhubungan dengan media pembelajaran.

Kuota Belajar Buat Apa Saja

Kuota belajar tersebut pertama kali diberikan kepada mahasiswa dan pelajar lainnya, sejak masa pandemi dimulai. Karena pelajar tidak bisa belajar secara langsung, maka semua pembelajaran dialihkan secara online sehingga membutuhkan jaringan internet.

Tidak semua pelajar memiliki biaya untuk membeli kuota belajar, sehingga pemerintah memberikannya secara cuma-cuma. Kami akan menjelaskan, sebenarnya kegunaan kuota belajar kemendikbud untuk apa saja.

Selain itu banyak aplikasi atau website diblokir, ketika siswa menggunakan kuota belajar tersebut. Karena memang tujuan utama pemerintah adalah memberikan kuota internet, dan nantinya digunakan oleh para pelajar agar terhubung dalam pembelajaran yang diberikan.

Kuota Belajar Kemendikbud untuk Apa Saja? Berikut Penjelasannya

Kementerian Pendidikan dan Budaya rutin memberikan kuota internet tersebut kepada seluruh pelajar di Indonesia, namun memang tidak semua aplikasi atau website bisa diakses oleh pelajar, sehingga kami akan memberikan informasi kepada Anda, situs apa saja yang dapat digunakan.

Video Conference

Karena media pembelajaran saat ini menggunakan video conference, tentunya para siswa membutuhkan aplikasi video conference agar bisa bertatap muka secara online dengan guru serta teman-teman sekelasnya.

Website Kampus

Aplikasi selanjutnya yang bisa dimanfaatkan, melalui kuota belajar kemendikbud untuk apa saja adalah website kampus. Para mahasiswa tentunya akan membutuhkan beberapa situs kampus yang dapat diakses, dan pastinya akan mendukung mereka dalam mendapat pembelajaran.

Baca Juga :   Tempat Baca Komik Online Gratis

Hingga saat ini sudah ada sekitar 401 website kampus, yang diizinkan oleh pihak kemendikbud agar dapat diakses oleh para pelajar.

RuangGuru

Kuota kemendikbud juga bisa digunakan untuk mengakses RuangGuru, seperti yang kita tau jika RuangGuru merupakan aplikasi pembelajaran diperuntukkan bagi para pelajar. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mendapatkan materi pembelajaran sesuai dengan tingkat kelas.

Website Sekolah

Keguaan lain dari kuota belajar kemendikbud untuk apa saja adalah, Anda dapat mengakses situs sekolah dan memang diperuntukkan untuk pembelajaran. Seperti halnya mejakita.com, website kemendikbud atau rumahbelajar.id dan lainnya.

Deretan Aplikasi yang Dapat Diakses dengan Kuota Belajar Telkomsel

Provider Telkomsel memiliki paket kuota belajar, sehingga bagi Anda yang membutuhkan kuota khusus untuk menggunakan aplikasi atau situs belajar, pilihan paket telkomsel ini akan cocok untuk Anda gunakan, berikut situs dan aplikasi apa saja yang bisa diakses.

1. Google Classroom

Google Classroom masuk ke dalam daftar aplikasi dapat diakses oleh pelajar, disini pelajar bisa mendapatkan pengajaran atau memberikan penilaian kinerja. Tujuan utama dari Google Classroom sebenarnya adalah.
Hal ini untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa. Pihak sekolah atau kampus juga dapat memberikan nilai tanpa bertatap muka, yang akan membuat kegiatan belajar menjadi lebih mudah.

Baca Juga :   ID 8,9,10 Digit FF Season Berapa?

2. Zenius

Aplikasi berikutnya yang bisa diakses oleh kuota belajar kemendikbud untuk apa saja adalah Zenius, mungkin sudah banyak pelajar yang sering menggunakan aplikasi atau website ini sebagai media pembelajaran, mereka bisa mendapatkan jawaban sekaligus belajar materi sekolah.

3. Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi yang digunakan untuk belajar bahasa asing, Anda bisa mengakses Duolingo dengan kuota belajar Telkomsel. Aplikasi ini menawarkan fitur menarik, dimana pelajar bisa bebas memilih berbagai bahasa asing yang ingin dipelajari.

4. Zoom dan Google Meet

Zoom dan Google Meet juga masuk ke dalam daftar kuota belajar telkomsel untuk apa saja, tentunya setiap pelajar hingga pekerja akan membutuhkan video conference setiap harinya. Disini mereka bisa bertatap muka secara online, dan tetap bisa berinteraksi bersama.

Proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik, karena pelajar maupun tenaga pengajar bisa bertemu atau bertatap muka, yang membuat pembelajaran tetap terasa nyata.

Akhir Kata

Itu dia untuk apa saja kuota dari kemendikbud. Setelah Anda tau kuota belajar kemendikbud untuk apa saja, manfaatkan dengan sebaik mungkin bagi Anda yang mendapatkan kuota internet tersebut.