Daftar Situs Microstock yang Terbukti Membayar

Reviewtekno.com – Fotografi saat ini kian mudah dan sudah menjadi tren generasi milenial, tren tersebut di era digital ini bisa menghasilkan income tambahan dengan cara mengupload ke hasilnya situs Microstock yang Terbukti Membayar.

Seiring dengan perkembangan jaman dan berkembangnya teknologi informatika, foto atau gambar kian mudah dibuat oleh siapa saja. Menariknya, saat ini bagi mereka yang menyukai dunia fotografi atau gambar semakin dihargai atau mendapat Royalti.

Apa itu Situs Microstock?

Daftar Situs Microstock Terbaik

Bagi kamu yang ingin berkecimpung di dunia fotografi atau gambar kemudian bisa mendapatkan uang bisa mengunjungi situs microstock. Bagi kamu yang masih asing, sebaiknya mengerti terlebih dahulu situs Microstock itu apa dan bagaimana.

Microstock adalah wadah nya bagi penyuka gambar atau foto untuk menjual hasil jepretan nya yang bebas royalti. Secara garis besarnya, microstock adalah situs penyedia gambar  yang dapat dibeli oleh customer dari seluruh dunia.

Mekanisme Contributor Mendapat Uang Dari Situs Microstock

Sudah penasaran kan? Sebelum melangkah kepada situs – situs Microstock mana saja yang memberikan penawaran terbaik berikut gambaran secara sederhana bagaimana untuk menjadi kontributor situs Microstock.

Untuk menjadi kontributor Microstock cukup dengan mendaftarkan diri dengan menjual hasil karya. Hal yang perlu kamu siapkan untuk daftar di Microstock adalah akun email yang aktif serta username dan password  yang gampang diingat.

Secara umum hampir sama seperti membuat akun, untuk daftar situs Microstock yaitu mengisi data diri seperti nama, username, alamat email dan password. Namun, ada sejumlah situs Microstock diminta untuk mengisi data tambahan misalnya alamat lengkap.

Daftar situs di Microstock semuanya gratis. Ketika berhasil terdaftar, maka kamu sudah bisa melihat dashboard dan menikmati layanannya.

Setelah di approve, maka karya kamu dapat terlihat oleh pembeli lainnya dan siap untuk menambahkan karya lainnya. Baca juga Cara Jualan Desain Logo Online.

Rekomendasi Situs Microstock Terbaik

Perlu diketahui bahwa setiap situs microstock atau penyedia gambar ini masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Ada beberapa situs microstock yang cocok untuk menjual foto, ada juga yang unggul untuk menjual vektor. Langsung saja, untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi berikut ini:

1. situs microstock Populer: Shutterstock

Situs microstock yang pertama adalah Shutterstock. Shutterstock adalah situs microstock yang populer dan membayar mahal untuk kontributor nya. Baca juga Cara Download Gambar di Shutterstock Gratis.

Sejak berdiri pada 2003 hingga saat ini bisa diperkirakan kalau mereka sudah mengumpulkan 200 juta gambar dan juga 10 juta video dari kontributor – kontributor nya.

Shutterstock mampu mewadahi semua yang tertarik di bidang industri kreatif. Sebab mereka menampung beragam karya mulai foto, ilustrasi, vektor, video bahkan musik.

Lalu, bicara soal bayaran, Shutterstock memberikan 15% – 40% dari biaya langganan pengguna. Selai itu mereka punya sistem single image on demand. Artinya, penjualan gambar berdasarkan permintaan konsumen sehingga frekuensi penjualan aset menjadi meningkat.

Baca Juga :   Cara Membuka WhatsApp di Laptop Terbaru!

Kabar baik lainnya, Shutterstock sudah bekerjasama dengan Facebook. Dalam kerjasama tersebut, pihak kontributor akan mendapat bayaran dengan tarif berlangganan pengguna untuk setiap asset Shutterstock yang digunakan pada sistem pengiklanan Facebook.

2. Dreamstime

Selain karena ada bayaran, Dreamstime dikenal sebagai microstock yang memiliki komunitas yang solid. Bayaran yang ditawarkan yakni  25% – 60% komisi, untuk unduhan bebas royalti.

Bukan itu saja, kontributor bisa mendapat $40.80 untuk lisensi yang diperpanjang. Selain itu ada lagi, yakni ketika Meng upload satu gambar akan mendapat bayaran $0.20.

Bagi kontributor Dreamstime, ada istilah kontributor eksklusif yakni syaratnya harus mengunggah minimal 50 gambar di Dreamstime. Gambar yang telah ter upload harus original, yang belum pernah di upload di situs Microstock lain.

Pembayaran kontributor Dreamstime dilakukan melalui PayPal, Payoneer, atau Skrill. Minimum pembayaran di Dreamstime jika sudah $100 akan dibayarkan.

Ada kekurangan Dreamstime yakni batas maksimal upload foto berdasarkan rasio. Jadi pastikan rasio dan gambar yang kamu upload adalah yang terbaik dan sesuai.

3. Situs Microstock Fotage Terbaik: Adobe Stock

Selanjutnya ada Adobe Stock. Situs ini cukup terkenal di kalangan desainer grafis dan photographer, karena besarnya potensi penghasilan yang bisa diraih. Mengapa demikian? Sebab mereka terintegrasi dengan Adobe CC suite of apps.

Sebelumnya Adobe Stock adalah platform stock photo yang bernama Fotolia yang kemudian diakuisisi oleh Adobe pada tahun 2015. Akuisisi berdampak baik bagi kontributor sebab royalti yang diberikan menjadi meningkat.

Royalti yang diberikan sebesar 33% untuk kamu yang menjual Stock Photo, Ilustrasi Vektor, dan Video (termasuk video 4K). Maka dari itu situs ini cocok digunakan oleh film maker. Lihat juga Mentahan Gambar Kepala Anime HD.

4. Canva Contributor

Situs microstock selanjutnya adalah Canva. Canva sangat terkenal di kalangan fotografer dan desainer grafis. Mereka menawarkan royalti yang menarik, mulai dari $0.35 untuk satu desain.

Nama Canva sendiri cukup familiar di dunia desain dan grafis. Layanan aplikasi desain ini memiliki banyak pengguna di seluruh dunia karena kemudahan yang ditawarkan.

Mereka menawarkan desain dengan template sebagai solusi untuk penggunanya yang masih belum berpengalaman dalam mendesain secara manual.  Nah, sistem inilah yang tidak bisa dilewatkan untuk mendapat penghasilan.

5. Situs Microstock Membayar Tinggi: Freepik

Freepik berfokus pada ilustrasi dan vektor. Dalam jagad desain, Freepik sudah memiiki nama sejak 2010 silam. Freepik menjadi pilihan banyak orang untuk mendapat aset vektor dan ilustrasi yang berkualitas. 

Sama seperti pada umumnya situs penyedia gambar, ilustrator atau designer akan mendapat bayaran untuk setiap karya yang di unggah.

Sistem pembayaran untuk kontributorya freepik memberikan berdasarkan pada akumulasi unduhan dan portofolio. Kontributor mendapatkan royalti sebesar 50% dari total jumlah aset yang diterbitkan freepik.

Metode pembayaran yang dipakai yakni PayPal, Skrill, dan Payoneer. Jika menggunakan PayPal atau Skrill, maka kamu harus punya paling tidak minimum pay-out sebesar $100. Jika menggunakan Payoneer  hanya $50.

6. Depositphotos

Depositphotos memberikan kemudahan pada kotributornya. Tidak peduli seorang fotografer profesional atau amatir, asal gambarnya bagus, Depositphotos bersedia menerima sebagai kontributor.

Saking mudahnya, hanya bermodalkan smartphone saja tetap bisa mendaftar sebagai kontributor dan mulai membangun portofolio dan siap untuk menghasilkan uang.

Bayaran yang akan diterima kontributor Depositphotos beragam, mulai dari $0.30 sampai $37.40 per foto dan $4.30 hingga $71 untuk satu video yang diunduh.

7. 123RF

Situs Microstock 123RF berdiri pada tahun 2005. Mereka menawarkan berbagai aset digital dengan harga yang murah.

Baca Juga :   Kumpulan Nada Dering WA Keren dan Populer

Alasan inilah mengapa mereka memiliki banyak pelanggan.  Situs 123RF menerima foto, vektor, video dan audio. Kamu bisa juga menggunakan tutorial pada artikel sebelumnya terkait Cara Mengganti Gambar Lagu Tanpa Aplikasi.

123RF membayar kontributor berdasarkan level. Kontributor yang akan mendapat bayaran $0.24 per download jika memiliki jumlah total download kurang dari 1000.

Namun, Bayaran akan meningkat menjadi $ 0.43 apabila telah mendapat 1juta kali download. Minimum pembayaran melalui PayPal $100 dan jika Payoneer yaitu $50.

8. iStock photo atau Istock

Hampir serupa dengan Shutterstock, namun tingkat penjualan dan earning iStock masih dibawah. Kelebihan yang terdapat pada iStock adalah tersedianya dua pilihan jenis contributor, yaitu Unusual contributor dan Exclusive contributor.

Perbedaan keduanya terletak pada kebebasan untuk menjual foto atau desain vector. Jika Unusual contributor bisa menjual karyanya di semua Microstock website selain iStock sementara Exclussive contributor hanya bisa di iStock saja.

Akan tetapi keuntungan Exclusive contributor  justru memberikan tingkat earning yang berkali-kali lipat. Kamu juga bisa menggunakan tutorial ini Agar Foto Kita Muncul di Pencarian Google.

Cara Daftar di Situs Microstock Contributor

Berikut ini kami berikan cara mendaftar di salah satu situs Microstock yakni Shutterstock.  Ikuti saja langkah – langkahnya.  

Pertama kunjungi situs Shutterstock kontributor

Kemudian  Isi data pribadi seperti nama, email dan password lalu klik Next. Pastikan secara teliti bahwa semua benar.

Verifikasi email

buka email untuk registrasi tadi dan cari Shutterstock lalu klik link verifikasi nya. Linknya pada tulisan Please click here to verify your email.

Verifikasi berhasil

Jika berhasil, kamu akan mendapat pemberitahuan bahwa verifikasi akun Shutterstock melalui email telah berhasil di tahap satu.

Selesaikan registrasi tahap dua

Setelah itu kamu harus mengisi form registrasi tahap dua. Tahap ini kamu harus mengisi residential address atau alamat lengkap misalnya Kota/kabupaten, kode pos, provinsi dan nomor telepon aktif.

Ada dua kolom, yang pertama residential address dan yang kedua adalah Mailing Address. Untuk Mailing Address tidak perlu diisi sebab sudah terisi otomatis dengan data dari residential address.

Upload image

Jika semua tidak ada masalah selanjutnya kamu diarahkan ke laman ucapan selamat datang. Pada laman ini, kamu diminta untuk Meng upload foto atau gambar yang selanjutnya akan di review apakah layak atau tidak oleh Shutterstock.

Ke dashboard kontributor

Jika belum siap upload silahkan pilih tombol  Go to your dashboard untuk sekedar lihat-lihat dashboard kontributor.

Selesai, sekarang kamu telah resmi menjadi contributor di situs shutterstock dan sudah bisa menghasilkan pasif income dari hasil karya fotografimu disini.

Lihat juga :

Kesimpulan

Itulah beberapa situs microstock terbaik yang telah terbukti membayar, kamu bisa mendaftar ke beberapa agency microstock untuk menjadi contributor disana.

Selain mendapat jangkauan pelanggan yang lebih luas, dengan memiliki akun contributor di berbagai situs di atas, otomatis pendapatan mu juga bisa berkali lipat. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.